Mahasiswa: Cara Cepat Menyusun Skripsi

Posted on: November 27, 2017, by :
skripsi

Pengalaman Menyusun Skripsi

Hallo mahasiswa tingkat akhir yang saat ini lagi galau dengan tugas akhir alias skripsi. Sudah bukan rahasia lagi kalau skripsi adalah salah satu “musuh” mahasiswa khususnya yang sedang menjalani semester akhir karena skripsi cukup membuat mahasiswa menjadi beban bahkan hanya dengan mendengar kata-kata skripsi saja seperti mendengar kabar buruk, ada yang menganggap kalau mereka sedang berkumpul dan ada yang menyinggung masalah skripsi maka akan dikatakan kalau itu adalah “omongan kotor”, parah banget bukan?. Jangan sampe hanya gara-gara skripsi membuatmu harus menghabiskan banyak  waktu dengan percuma dan tentunya kamu tidak mau menjadi mahasiswa abadi di jurusan kan?
Ada beberapa cara yang sangat efekfif untuk mengatasi permasalahan skripsi yang selama ini menjadi beban berat bagi hampir semua mahasiswa.
1. Niat
Apapun yang kamu lakukan kalau kamu melakukannya dengan dasar tidak ada niat untuk melakukannya pasti kamu akan mendapatkan hasil yang  tidak memuaskan. Hal ini di sebabkan karena kamu tidak ada dasar kenapa kamu harus melakukan hal tersebut. Niat dalam menyusun skripsi sangat penting dalam artian kamu punya alasan kuat kenapa kamu harus menyelesaikan skripsimu dalam waktu yang tepat. Misalnya karena kamu diminta sama orangtuamu agar lulus tepat waktu, atau kamu pengen cepat melanjutkan S2 dan lainya, dimana niat itu akan membuat kamu punya motivasi besar untuk segera menyelesaikannya.
2. Fokus
Ketika kamu akan menyusun skripsi banyak sekali godaan yang muncul mulai dari rasa malas, ajakan kawan untuk main bahkan keenakan tidur sepanjang hari. Fokus akan membuat kamu lebih santai dan maksimal dalam mengerjakannya. Misalnya kamu jadwalkan kalau dalam sehari ada 2 jam untuk skripsi atau buat jadwal khusus dalam seminggu. Hal in tentu sangat membantu kamu untuk segera mendapatkan gelar sarjana.
3. Pilih Kawan Senasib
Kamu harus sadar bahwa hidup pasti memerlukan bantuan orang lain, sama hal nya dalam skripsi kamu perlu mencari kawan yang bisa membantumu bukan berarti tidak boleh bertemen dengan yang lain, namun maksud disini adalah kawan yang senasib (yang sama-sama lagi fokus skripsi) karena dengam adanya dia kamu akan selalu ada yang mengingatkan dan ada yang memberi motivasi ketika kamu lagi malas mengerjakannya. Apalagi kalau kalian biar membuat bersama itu tentu akan sangat mudah karena kalian bisa saling diskusi ketika ada yang membingungkan.
4. Buat Jadwal Konsul dengan Dosen
Dosen adalah salah satu faktor yang sangat menentukan dalam menyusun skripsi karena tidak semua dosen itu sama karakter, ada dosen yang super sibuk sehingga sangat sulit untuk kita jumpai, ada yang killer sehingga apapun yang beliau katakan harus selalu benar dan masih banyak lagi karakter yang pastinya kamu sudah merasakannya. Hal ini harus pandai kamu atasi supaya tidak menjadi kendala besarmu. Ketika kamu pertama sekali meminta dosenmu untuk menjadi pembimbing maka jangan lupa untuk menanyakan kapan beliau bisa di temui dalam seminggu dan bagaimana cara kamu harus konsul dan sebagainya. Dan pastinya kamu tidak boleh melanggar janji dengan dosenmu karena itu akan membuat dosen menilaimu dengan jelek, tapi kalau dosen yang melanggar janji itu maklum saja.
5. Cari Pembimbing Ke-3
Biasanya kita harus meminta 2 dosen untuk menjadi pembimbing kita dalam menyelesaikan skripsi, hal ini bukan berarti kita harus terus menjumpai mereka berdua. Karena dosen pembimbing biasanya punya jam terbang tinggi dan sangat sulit dijumpai maka carilah satu orang baik itu kakak lettingmu, dosenmu atau temenmu yang paham/ ahli dengan topik penelitian skripsimu. Hal ini akan memudahkanmu dalam memahami dan mempunyai banyak waktu untuk berdiskusi.
6. Doa
Apapun yang kamu lakukan jangan pernah lupa untuk selalu meminta doa kemudahan kepada Tuhan kita. Hal ini agar kita tetap semangat ketika ada tantangan dan kendala karena usahan tanpa doa itu namanya sombong dan kesombongan akan membuatmu jatuh pada saatnya.
Itu beberapa tips dalam menyusun skripsi agar tidak menjadi beban berat bagimu. Pada dasarnya tip paling ampuh ada dalam dirimu sendiri karena yang paling mengenal dirimu adalah kamu sendiri, tentunya kamu tau bagaimana membuat dirimu sendiri dan keluargamu bangga terhadapmu. Skripsi itu hal mudah asalkan kamu tidak pernah menunda-nunda dalam mengerjakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *