Membuka Sisi “Magic” Dr. Zakir Naik, Seorang Dokter Medis Dan Ahli Perbandingan Agama yang Mendunia

Posted on: April 4, 2017, by :
Dr. Zakir Naik

 

Zakir Naik Merupakan sosok yang sudah membuat dunia “tercengang” seakan tidak percaya bahwa ada seorang manusia yang masih hidup dengan kemampuan ingatan sepertinya, bagaimana tidak dalam berbagai ceramahnya tentang perbandingan agama beliau dengan sangat mudah menyebutkan berbagai sumber yang sangat valid baik dari Al-Quran, Hadist, Bibel, Penelitian Ilmiah dan berbagai referensi yang terpercaya. Beliau menyebutnya seolah seperti sedang membaca sumber tersebut ditambah lagi dengan kemampuan pemahaman berbagai ilmu yang sudah sangat matang.
Dr. Zakir Naik pada dasarnya adalah seorang dokter medis yang memperoleh gelar Bachelor of Medicine and Surgery (MBBS) dari Maharashtra. Pada awalnya beliau mengakui bahwa menurutnya profesi terbaik dunia adalah dokter namun, ketika beliau berjumpa dengan Ahmad Dedaat dan berguru kepdanya pandangan beliau berubah terkait profesi terbaik di dunia, sejak saat itu beliau mengubah pandangannya bahwa profesi terbaik di dunia adalah menjadi pendakwah. Beliau juga sering mengatakan bahwa menjadi pendakwah merupakan kewajiban bagi setiap individu, hal ini pula yang mendasari kenapa beliau mendidik anak-anaknya untuk menjadi pendakwah juga. Sejak tahun 1991 beliau beliau sudah dikenal sebagai seorang ulama yang menguasai ilmu perbandingan Agama. Beliau berasal dari India yang dikenal sebagai penceramah tentang perbandingan agama yang kerap menyampaikan dakwah lewat debat di seluruh dunia.

Salah satu motivasi  dan tujuan beliau dalam berdakwah untuk memperkenalkan islam secara benar kepada non-muslim dan beliau juga ingin mengklarifikasikan segala macam kesalahpahaman tentang agama Islam itu sendiri, terutama labeling “terroris” dan “radikalisme” sehingga sangat sering tekankan bahwa “jika kamu ingin mengenal dan belajar tentang islam, maka belajarlah dari sumber aslinya yaitu Al-Qur’an dan Hadist karena keduanya sempurna jangan hanya sekedar belajar dari seorang muslim karena muslim itu manusia dan manusia tidak ada yang sempurna. Beliau ingin membuktikan bahwa Islam sebagai agama yang sesuai secara fakta, agama yang masuk akal dan sangat cocok dengan ilmu Sains modern, sehingga mereka (non-muslim) meyakinkan tentang kebenaran agama islam. Karena tujuan tersebut beliau juga mendirikan sebuah organisasi yang dikenal dengan Islamic Research Foundation (IRF)[5], sebuah organisasi nirlaba Islam yang khusus dalam penelitian Islam dan Perbandingan agama yang juga memiliki dan menyiarkan jaringan saluran TV gratis Peace TV dari Mumbai, India.

Baca Juga : Untukmu Yang Sedang Berhijrah 

Sisi “Magic” Dr. Zakir Naik 
Dr. Zakir Naik bukanlah orang biasa sebagaimana dunia telah mengakuinya baik itu dari kalangan muslim maupun non muslim. Hal tersebut bukanlah sebuah asumsi dan opini semata melainkan sebuah fakta yang telah terbukti dan di akui oleh berbagai kalangan ilmuan muslim dan ilmuan barat. Banyak sudah para petingi gereja dan berbagai petinggi agama lain yang pernah menghadapi beliau dalam sebuah debat mengalami “kaku” ketika Zakir naik mulai menanyakan berbagai pertanyaan, sebaliknya beliau begitu tenang ketika menjawab semua pertanyaan yang diajukan.
1. Dr. Zakir Naik Adalah Pilihan Allah
Dr. Zakir Naik merupakan salah satu manusia yang sangat di sayang oleh Allah, hal ini sesuai dengan sebuah hadist yang pernah Nabi Muhammad SAW sabdakan;
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 
من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين
“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan faqihkan ia dalam masalah agama (ini).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
Kefaqihan adalah pemahaman yang Allah berikan kepada seorang hamba. Pemahaman yang lurus tentang Al-Qur’an dan hadits didasari dengan kebeningan hati dan aqidah yang shahih. Karena hati yang dipenuhi oleh hawa nafsu tidak akan dapat memahami Al-Qur’an dan hadits dengan benar.
Hadist tersebut sangat sesuai dengan kenyataan yang terdapat pada diri Zakir Naik, Beliau menguasai Al-Qur’an secara sangat matang, menguasai hadist dengan sangat baik dan bahkan menguasai berbagai kitab umat lain.
 
2. Dr. Zakir Naik berhasil membuat banyak non-muslim masuk Islam
Hal ini bisa kita saksikan dari berbagai acara ceramah beliau dan forum-forum debat yang beliau hadiri dimana begitu banyak orang-orang yang awalnya agu bahkan mendebat beliau tentang Islam akhirnya memutuskan  untuk mengimami islam karena apa yang beliau sampaikan sangat logis dan ilmiah. Hal ini menjadi sebuah berita buruk bagi kalangan gereja, dimana di saat gereja semakin sepi dan orang-orang Barat semakin ragu-ragu dengan teologi mereka sendiri, Dr Zakir Naik datang seperti seorang pendekar yang siap menyelamatkan mereka dari “bahaya”, beliau datang untuk menjawab semua keraguan mereka yang awalnya sangat meragukan akan kebenaran islam. Ceramah-ceramahnya seolah menghancurkan semua teori-teori hitam yang selama ini dunia berikan kepada islam , ilmu yang matang ditambah dengan logika yang hebat mampu membuktikan semua kesalahan dalam teologi gereja.
Setiap penjelasannya sangat argumentatif dan mudah dipaham oleh semua orang, Dr Zakir Naik dalam ceramahnya telah mematahkan trinitas, membongkar bahwa Yesus bukan tuhan melainkan utusan dari Tuhan, dan sebagainya. Bahkan tidak berlebihan jika dikatakan Dr Zakir Naik lebih hebat dari gurunya, Ahmad Deedat. Pasalnya, tidak sedikit orang yang masuk Islam setelah mendapatkan penjelasan dari Dr Zakir Naik.
 
3. Dr. Zakir Naik Mampu memperkuat Dakwah di Barat
Perjalanan dakwah Zakir Naik bukan hanya berpengaruh di India yang mana daerah kelahiran beliau, melain sudah terasa hampir ke seluruh penjuru dunia terutama untuk negara-negara Barat. Melalui ceramah-ceramahnya yang sangat tegas dan berkelas di sejumlah negara Eropa, Dr Zakir Naik seperti seorang pendekar yang tidak takut dengan berbagi ancaman, bahkan melalui argumen beliau seakan menjadi bom penghancur untuk pertahanan Barat. Di tambah lagi hampir setiap ceramahnya dihadiri ribuan orang sehingga jumlah audiens Dr Zakir Naik telah mencapai jutaan orang yang sebagiannya hidup di Barat.
Mereka yang awalnya ragu bahkan membenci akan islam, atau mereka yang awalnya hanya mengetahui Islam dari media, kini mulai mengetahui prinsip-prinsip Islam dari Al Quran dan As Sunnah yang dijelaskan oleh Dr Zakir Naik. Meluasnya dakwah Islam yang dipelopori oleh Zakir Naik semakin menegaskan bahwa islam memang satu-satunya agama yang sangat logis dan hal ini tentu cukup mengkhawatirkan Barat. Berdasarkan The Clash of Civilization-nya Samuel Huntington mengungkapkan bahwa Barat tengah menempatkan Islam sebagai musuh. Jika ternyata warganya sendiri memahami Islam dengan baik, hal itu sangat membahayakan bagi hegemoni politik mereka.
 
4. Dr Zakir Naik Sosok yang Ditakuti Gereja
Kalimat tersebut tentu tidak berlebihan karena sudah cukup alasan jika pemerintah Barat takut pada Dr Zakir Naik karena gereja-gereja pun tidak sanggup membendung gelombang dakwah Islam yang dibawakannya. Bisa kita lihat bahwa salah satu alasan yang bisa kita ungkapkan mengapa acara debat terbuka yang dilakukan Dr Zakir Naik tidak sebanyak debat terbuka yang digelar Ahmad Deedat ternyata tidak banyak gereja yang berani menghadapi Dr Zakir Naik. Bahkan dikabarkan Dr Zakir Naik telah mengirimkan surat tantangan debat kepada Vatikan, namun hingga hari ini tantangan itu tidak dijawab.
 
5. Dr Zakir Naik Tokoh Berpengaruh Di Dunia
Konsistensinya Zakir Naik dalam melakukan dakwah yang saaat ini sudah meluas hampir ke semua negara membuat dirinya semakin dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat di berbagai dunia. Bersamaan dengan derasnya gelombang dakwah Islam yang beliau bawakan juga membuat pengaruh Dr Zakir Naik semakin meluas. Di India, Dr Zakir Naik masuk 100 tokoh paling berpengaruh serta dinobatkan sebagai 3 besar guru spiritual di India yang mayoritasnya bukan muslim.

Dakwah Zakir Naik terus berlanjut dengan izin Allah, bahkan berbagai undangan sudah mendatangi Beliau untuk menghadiri berbagai forum di berbagai negara, salah satunya  saat ini di tahun 2017 beliau sedang mengunjungi Indonesia. Dakwah Zakir Naik saat ini sangat mudah kita dapatkan melalui youtobe yang bahkan sudah di lengkapi dengan terjemahan dalam berbagai bahasa. Banyak Kisah dan kehebatan beliau yang belum kita bahas, namun harus kita akui bahwa Zakir Naik merupakan tokoh yang memiliki kekuatan “magic”  dalam perjalanan hidupnya.

Baca Juga : Memahami Islam Dari Berbagai Aspek

Semoga artikel Dr. Zakir Naik yang mengupas tentang sisi “Magic” ini bisa membuat kita sadar bahwa islam memang agama yang cinta damai dan sangat sesuai dengan logikan ilmu sains modern, hal tersebut bisa kita buktikan kalau kita benar-benar belajar islam dari sumbernya yaitu Al-Qur;an dan Hadist.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *