Untuk Guru, Kumpulan Perangkat Pembelajaran SMA XI (Silabus, RPP, Prota, Prosem) K13 Lengkap

Posted on: Maret 27, 2017, by :
perangkat pembelajaran k13
Perubahan kurikulum oleh mentri pendidikan bertujuan untuk terus meningkatkan pendidikan Indonesia menjadi lebih baik dan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Perubahan ini tentunya berlandaskan evaluasi dari tahun ke tahun dan beberapa pertimbangan yang sudah dipikirkan dengan baik. Akan tetapi, sejauh ini perubahan kurikulum sering kali berdampak negative baik baik siswa ataupun bagi guru itu tersendiri.
Perubahan kurikulum terbaru adalah perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum K13 dimana di kurikulum baru ini guru dituntut untuk bisa menilai siswa tidak hanya dari aspek tertentu saja namun harus dari berbgai aspek atau sering di sebut penilaian secara komprehensif mulai dari aspek agama, sosial, pengetahuan dan keterampilan siswa.

Dalam kurikulum K13 siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar dengan tidak hanya mengandalkan materi yang diberikan guru namun harus mampu mengeksplor lebih jauh dan memahami lebih dalam dari sumber-sumber lainnya. Guru hanya berperan sebagai  pemancing siswa agar siswa bisa lebih aktif. Namun, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam menuruti tuntutan ini, terutama dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, dan lainnya. Guru harus mampu mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum sehingga mampu membuat siswa tampil lebih aktif dalam ruangan kelas.

Kemampuan guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran sehingga mampu mendorong siswa untuk belajar lebih semangat. Hal ini terlihat sangat bagus untuk kemajuan siswa dari sisi kemandirian dan pemahaman terhadap materi pembelajaran karena siswa lebih banyak mencari sendiri sumber yang berkaitan. Namun, hal lain ketika kita melihat dari kemampuan guru dimana tidak semua guru mampu menjalani tuntunan ini secara baik terutama bagi guru yang sudah berusia lanjut yang mana mereka sudah sangat sulit memahami hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan teknologi karena mereka tidak mengikuti perkembangan zaman secara baik, katakanlah dalam hal penggunaan komputer, dimana banyak guru saat ini yang tidak mampu mengopersikan komputer secara baik, bahkan ada guru yang tidak paham sama sekali tentang komputer . Selain itu kebanyakan guru juga sudah terbiasa dengan kurikulum lama sehingga ketika masuknya kurikulum baru yang mengalami begitu banyak perubahan dan sentuhan teknologi akan membuat mereka kesulitan dalam mempersiapkan perangkat. Hal ini tentunya harus jadi pertimbangan para pihak pembuatan kurikulum dimana setiap perubahan kurikulum pendidikan selalu menimbulkan pro kontar di kalangan guru sehingga akan menyebabkan proses pendidikan terganggu.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan contoh perangkat pembelajaran yang bisa guru jadikan sebagai format dalam perbuatan perangkat pembelajaran nantinya. Berikut kami tampilkan dalam bentuk PDF secara full. Jika ingin mendownload file tersebut, bisa klik link paling bawah dari artikel ini.
 
Contoh Perangkat Pembelajaran K13

 

sumber : visit here
Perangkat pembelajaran yang kami bagikan merupakan untuk kelas XI SMA atau sederajat yang berbasis kurikulum K13. Bagi kamu seorang guru bisa mempergunakannya sebagai panduan atau pedoman ketika ingin membuat silabus, RPP atau lainnya.
Jika ada yang membutuhkan perangkat pembelajaran untuk jenjang lainnya, bisa menghubungi kami sebisa mungkin kami akan membalas dan akan membagikan. Semoga artikel Kumpulan Perangkat Pembelajaran ini bisa bermanfaat buat kamu yang berfrofesi guru dan untuk pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *