Rahasia Sukses Mengikuti Proses Seleksi Interview

Posted on: Maret 5, 2017, by :
rahasia sukses interview

 

Interview merupakan salah satu tahapan seleksi hampir di semua proses perekrutan baik dalam perekrutan calon penerima beasiswa, calon karyawan, calon pekerja dan sebagainya. Proses Interview sering kali menggugurkan banyak pendaftar, hal ini dikarenakan para calon interviewee tidak siap dengan proses interview yang akan mereka ikuti. Banyak alasan yang membuat orang gagal dalam proses interview, namun yang paling sering orang keluhk adalah rasa gugup yang membuat mereka tidak bisa menampilkan yang terbaik ketika proses interview sedang berlangsung, padahal dari segi pengetahuan mereka sudah sangat siap untuk menjawab semua pertanyaan.
Dalam proses interview tidak hanya dinilai dari segi pengetahuan yang kamu miliki, namun di sana kamu akan dinilai secara komprehensif baik fari segi penampilan, pengetahuan, sikap, dan mental yang sesuai dengan nilai-nilai yang mereka cari. Oleh karena itu, sebelum mengikuti proses interview ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan tidak boleh kamu remehkan. diantaranya adalah sebagai berikut;
1. Kenali Lembaga Yang Akan Melakukan Seleksi  Interview
Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum datangnya saat interview adalah mengenali lembaga yang akan melakukan interview. Untuk mengenal lembaga tersebut kamu bisa membaca terkait latar belakang, visi misi, tujuan dan program-program yang ada di lembaga tersebut yang biasanya dimuat dalam website resminya. Selain itu kamu juga bisa mempelajari lewat berbagai sumber seperti media cetak dan elektronik yang memuat tentang lembaga tersebut.
Setiap lembaga memiliki kriteria yang berbeda untuk memilih setiap pendaftar yang ingin menjadi bagian dari lembaga tersebut, Oleh karena itu dengan mengenal lembaga yang akan melakukan interview kamu akan lebih tau apa yang harus kamu persiapkan agar kamu  bisa diterima. Selain untuk hal tersebut, pengetahuan kamu tentang lembaga yang sedang kamu jadikan target akan membantu ketika dalam proses interview seorang interviewer menanyakan profil lembaga, banyangkan jika kamu tidak tau apa-apa tentang lembaga tersebut sudah pasti ini akan menjadi catatan buruk dalam proses penilaian kamu.
 
2. Tidur Yang Cukup
Tidur yang cukup merupakan hal sederhana yang sering orang sepelekan, padahal dampaknya sangat luar biasa bagi kondisi tubuh seseorang. Sebagaimana anjuran dokter bahwa orang dewasa jumlah jam tidur dalam sehari harus mencapai 7-8 jam, jika kurang dari jam tersebut maka seseorang tidak akan merasakan kebugaran yang maksimal.
 
3. Datang Lebih Awal
Waktu merupakan hal yang sangat berharga bagi semua orang, akan tetapi tidak semua orang menyadari itu, sehingga kita sering menyepelekan waktu. Pada proses interview salah satu hal yang pentinga dalah datang lebih awal waktu dari jam yang sudah ditentukan, misalnya kalau interview akan dimulai jam 8 pagi setidaknya kamu sudah hadir di tempat 30 menit atau satu jam sebelum jam 8 pagi. Hal ini dilakukan agar kamu bisa memiliki waktu untuk menenangkan nafas kamu sebelum memasuki ruang interview. Selain itu kamu bisa memeriksa kembali persiapan yang harus kamu bawa di hari itu dan kalau memungkinkan kamu bisa melihat-lihat suasana di luar ruang dan bersahabat dengan tempat tersebut supaya kamu merasa lebih santai.
Dan yang tidak boleh kamu tinggalkan walau kamu sudah datang di awal waktu adalah sarapan, karena tanpa sarapan kamu tidak akan mendapat cukup energi, apalagi kamu harus melakukan proses antrian yang panjang dan lama, kamu harus menguras idemu agar kamu bisa memberikan yang terbaik. Oleh karena itu, sarapan adalah wajib bagi kamu yang akan mengikuti proses interview.
 
4. Pakai Pakaian Yang Rapi
Sebelum kamu berangkat ke tempat interview ada hal yang harus kamu perhatikan yaitu pakaian kamu. Pakaian akan menjadi salah satu aspek penilaian bagi sebagian besar lembaga. Seseorang akan dinilai dari tampilannya ketika dia belum berbicara. Oleh karena itu, pastika pakaian yang kamu pakai adalah pakaian seseorang yang benar-benar siap untuk mengikuti proses interview, mulai dari sepatu yang kamu pakai jangan sampai menggunakan sandal, celana dan baju yang kamu gunakan apakah sudah rapi tersetrika, jangan gunakan baju kaos untuk proses interview. Kemudian gaya rambut kamu yang sudah harus rapi dan tersisir. Itu merupakan penampilan secara umum yang biasanya orang gunakan ketika akan mengikuti proses interview, akan tetapi kalau ada lembaga yang mengeluarkan pakaian khusus yang harus kamu gunakan maka silakan kamu patuhi arahan tersebut.
 
5. Jangan Panik Selama Proses Menunggu Giliran
Selama menunggu giliran untuk di panggil, kamu harus berusaha untuk tetap tenang dan jangan meninggalkan lokasi untuk jarak yang jauh, tetaplah duduk manis sambal membaca kabar pagi atau membaca catatan yang sudah kamu siapkan.
6. Berikan Salam Ketika Masuk Ruangan
Ketika kamu sudah dipanggil untuk memasuki ruangan interview maka segeralah masuk dengan langkah pasti dan wajah tersenyum.
 
7. Enjoy Proses Interview
Ketika kamu sudah berada dalam ruangan dan sudah bersiap-siap untuk menerima pertanyaan maka sekarang kamu tidak boleh berpikir macam-macam. Kamu harus fokus dan nikmati setiap pertanyaan yang akan dilontarkan. Tenangkan dirimu dan katakana dalam hatimu bahwa kamu harus memberikan yang terbaik saat ini. Dan harus kamu ingat bahwa tidak ada interviewer yang ingin memarahi kamu apalagi menghinamu, tidak ada, mereka hanya ingin mengenal denganmu secara lebih dekat dalam beberapa aspek. Oleh karena itu tidak ada alasan bagi kamu untuk merasa takut.
8. Jawab Setiap Pertanyaan Dengan Jelas Tanpa Bertele-tele
Proses interview tidak terlepas dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu jawab dengan baik dan jelas. Setiap pertayaan yang diajukan sebaiknya kamu dengar dengan baik terlebih dahulu dan kemudian jawab dengan yakin tanpa bertele-tele. Jika kamu belum benar-benar paham terkait pertanyaan yang dilontarkan kamu boleh meminta interviewer untuk mengulannya tentunya dengan cara yang baik dan sopan. Akan tetapi jangan sampai hal itu kamu lakukan berkali-kali karena akan mengganggu kenyamanan bagi interviewer.
 
9. Jaga Intonasi Bicara
Dalam menjawab setiap pertanyaan selain jawabanmu harus jelas kamu juga harus memperhatikan intonasi bicaramu. Kamu tidak boleh berbicara terlalu besar dan terlalu kecil, cukuplah suaramu bisa terdengar jelas oleh interviewer. Selain itu jangan pernah membuat-buat suaramu sehingga akan terkesan lebay atau aneh di telinga interviewer. Jadilah dirimu sendiri dengan memberikan yang terbaik dari setiap ucapanmu.
 
10. Berikan Semangat
Semangat merupakan senjata yang secara tidak langsung akan sangat membantu ucapan yang kamu keluarkan. Kamu harus yakin dengan jawaban yang kamu berikan dengan diikuti semangat yang tercermin dari rawut wajah dan ide-ide yang kamu berikan. Ingat, lagi-lagi jangan sampai berlebihan.
 
11. Yakinkan Kalau Anda Sangat Tertarik Untuk Bergabung
Memberikan jawaban yang jelas saya belum cukup namun kamu harus bisa menyakinkan bahwa kamu sangat ingin lulus dalam seleksi ini. Bagaimana? Kamu harus memberikan jawaban-jawaban yang membuat interviewer bahwa kamu sangat siap datang hari ini, pengalaman kamu dalam bidang tersebut sudah sangat matang dan kamu orangyang tepat yang mereka cari. Berikan antusias positifmu dalam setiap sesi pertanyaan yang mereka ajukan kepadamu.
 
12. Berikan Kesan Selama Proses Interview
Proses interview bukanlah sekedar tanya jawab melainkan juga proses mengenal dan menyakinkan bahwa kamu cocok untuk lembaga tersebut. Kamu harus memberi kesan positif selama interview berlangsung, dimana nanti interviewer akan mudah mengingat kamu ketika berjumpa di lain waktu. Pemberian kesan juga akan sangat membantu kamu dalam mendukung setiap jawaban yang kamu berikan. Misalnya kamu berhasil memberi kesan bahwa kamu orang yang komunikatif, maka itu akan menjadi nilai plus dalam penilaian nanti.
 
13.  Bertanyalah Jika Diberi Kesempatan
Pada umumnya setiap proses interviewer berakhir, interviewer akan menanyakan kepada kamu apakah ada yang ingin di tanyakan sebelum kita akhiri.
 
14. Ucapkan Terimakasih Ketika Selesai Wawancara
Setelah selesai semua dan interviewer sudah mengatakan bahwa sudah cukup, maka biasanya mereka akan mengatakan terimakasih dan sampai jumpa. Jika mereka melakkan itu maka balaslah dengan jawaban yang hangat dan jabat tangan mereka sambil tersenyum. Jika mereka lupa maka kamu harus mengucapkan terimakasih dan selamat siang kepada mereka sebelum meninggalkan ruangan tersebut.
15. Berdo’a
Jangan lupa memanjatkan do’a kepada Allah agar usahamu sempurna dan Allah jawab dengan jawaban yang terbaik buat kamu. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu tidak terkesan sombong dan tidak kecewa ketika hasil pengumuman tidak sesuai dengan harapan, ucapkan sykuur jika kamu lulus dan tetap semangat jika kamu belum juga lulus. Ingat, orang sukses selalu melewati kegagalan terlebih dahulu.
Kesimpulannya adalah dalam menghadapi proses interview kita perlu persiapan matang supaya kita benar-benar siap untuk menjawab setiap pertanyaan nantinya. Oleh karena itu rasasia sukses mengikuti proses seleksi interview tersebut dapat kamu praktekkan dan semoga kamu bisa lebih siap dan percaya diri dalam setiap proses interview yang kamu ikuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *