Rahasia Bisa Lulus Beasiswa Yang Sedang Kamu Daftarkan

Posted on: Maret 4, 2017, by :
Beasiswa merupakan  hal penting bagi sebagian besar mahasiswa khususnya bagi mereka yang berasal dari keluarga yang ekonominya pas-pasan. Beasiswa sering dipandang sebagai bantuan yang sangat bermanfaat dalam menungjanng proses pendidikan. Padahal tidak semua beasiswa hanya diperuntukkan bagi mereka yang  kurang dari segi ekonomi, banyak juga beasiswa yang melihat prestasi, pengalaman organisasi dan lain sebagainnya sehingga banyak orang yang berlomba-lomba untuk meraihnya. Dari sebagain besar para pendaftar beasiswa sudah pasti tidak semua yang akan lulus, hal ini karena setiap beasiswa menetapkan persyaratan yang harus penuhi dan ada berbagai tahapan harus dilewati oleh setiap pelamarnya.
Lulus tidaknya seorang pelamar dalam mendaftar beasiswa sangat tergantung pada diri kamu sendiri dimana kamu harus benar-benar mempersiapkan diri dengan segala ketentuan yang telah beasiswa tersebut tetapkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ingin lulus beasiswa yang sedang kamu daftarkan, diantaranya adalah;
 
1. Kenali Beasiswa
Setiap beasiswa memiliki ketentuan yang berbeda baik dari segi persyaratan, fokus pemberiaan beasiswa atau ketentuan lainnya. Mengenali beasiswa bertujuan supaya kamu bisa mengetahui latar belakang pemberiaan beasiswa tersebut dan dari mana sumber beasiswa tersebut, hal ini sangat berguna karena akan membantu kamu dalam mempersiapkan diri. Kamu tidak harus mengetahui secara mendalam akan tetapi setidaknya kamu tau ketika orang lain menanyakannya.
Untuk jenjang S1 biasanya beasiswa  terbagi dalam beberapa fokus pmberiaan atau bisa dikategorikan sebagai berikut;
  • Beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu
  • Beasiswa untuk mahasiswa berprestasi
  • Beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan berprestasi
  • Beasiswa kategori umum
  • Dan Lainya

 

Dari list di atas dapat kita pahami bahwa tidak semua beasiswa hanya untuk mahasiswa berprestasi saja, atau untuk mahasiswa kurang mampu saja. Dengan mengetahui beasiswa yang akan kita apply masuk dalam kategori mana, maka kita bisa menentukan apakah kita mungkin untuk mendaftar. Jika beasiswanya khusus untuk mahasiswa berprestasi maka jika kamu belum memiliki prestasi apapun sebaiknya kamu berpikir lebih kalua ingin mendaftar karena peluang untuk kamu lulus sangat kecil, walaupun tidak salahnya kamu mencoba. Dan sebaliknya jika beasiswa khusus untuk mahasiswa miskin, maka ambillah kesempatan ini untuk membantu ekonomi keluargamu. Namun, jika ekonomimu tidak termasuk dalam kategori kurang mampu sebaiknya kamu jangan mendaftar karena tidak berkah mengambil  hak orang lain hehe.
Jika kamu tidak termasuk pada kategori beasiswa kurang mampu dan berprestasi maka masih ada peluang mendaftar di beasiswa yang tidak mempermasalah keadaan ekonomi dan juga berprestasi, biasanya beasiswa seperti ini lebih mengedepankan pada kepribadian yang kamu miliki. Oleh karena itu, mengenal beasiswa sangat penting bagi kamu yang ingin mendaftar sebuah beasiswa agar langkahmu tidak salah sejak awal.
Untuk tingkat S2 (master) atau S3 ada perbedaan dimana tidak terlalu mempermasalahkan keadaan ekonomi ataupun prestasi, walaupun prestasi sangat membantu dalam meraih beasiswa S2 atau S3. Beasiswa S2 / S3 secara umum lebih memfokusnya untuk umum hanya saja lebih diberatkan pada persyaratan beasiswa seperti harus memiliki nilai TEOFL atau sejenisnya, batasan umur, pengalaman kerja minimal 2 tahun atau ada beasiswa khsusus untuk penelitian dan spesialis untuk yang jurusan kedokteran dan lain sebagainya.
2. Persiapkan persyaratan dengan matang
Setelah kamu mengenali beasiswa yang akan kamu daftar dan beasiswa tersebut sesuai untuk kamu, maka tahap selanjutnya adalah melihat persyaratan secara detail baik persyaratan secara umum atau khusus. Setelah kamu mengetahui dengan benar dan paham akan persyaratan yang diwajibkan maka segeralah melengkapi dan jangan menunggu hari terakhir baru melengkapi. Banyak sekali para pendaftar beasiswa yang menunda untuk melengkapi berkas persyaratan sehingga mereka kewalahan untuk melengkapi ketika mulai dekat dengan hari akhir dan bahkan banyak yang gagal mendaftar karena alasan waktnya tidak cukup untuk melengkapi berkasi padahal dia sendiri yang membuat persiapan tidak matang.
Banyak pendaftar beasiswa yang gugur di tahap administrasi hanya karena tidak lengkap berkas yang mereka kumpulkan sehingga jadi sia-sia apa yang sudah mereka siapkan. Hal ini terjadi karena mereka menganggap remeh  tahap ini, padahal untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya kamu harus  terlebih dahulu melewati tahap administrasi dan hampir semua beasiswa ada tahap administrasinya. Oleh karena itu, persiapan melngkapi berkas sangat menentukan langkahmu dalam meraih sebuah beasiswa.
3. Catat jadwal Penting
Setiap beasiswa pasti ada jadwal-jadwal penting seperti jadwal registrasi, pengumpulan berkas, wawancara, dan sebagainya. Jadwal tersebut harus kamu ingat benar karena jika kamu lewat waktu maka kesempatan kamu akan sirna walaupun kamu sudah mempersiapkan diri dan segala persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya ada beasiswa yang hanya memberi wakru registrasi selama satu minggu atau malah lebih sedikit, maka jika dalam waktu tersebut kamu lupa melakukan registrasi makan kesempatan kamu sudah tidak ada lagi. Dan begitu juga dengan jadwal penting lainnya yang tidak boleh kamu remehkan kalau perlu catat di dinding kamarmu atau kamu bisa mengatur di handphonemu jadwal-jadwak penting.
Mencatat jadwal juga sangat penting untuk membantu persiapanmu dalam menghadapi jadwal tersebut, bayangkan jika kamu akan menghadapi tahap wawancara namun kamu tidak ada persiapan, maka itu akan menfatangkan hal buruk bagimu. Dengan mengetahui jadwal penting terkait beasiswa yang kamu daftar maka kamu akan lebih siap ketika hari itu telah tiba.
4. Persiapkan yang terbaik dari diri Kamu
Pada tahap ini kamu harus benar-benar serius karena kamu berapa di tahap ini dengan perjuangan yang tidak sedikit. Persiapkan yang terbaik dari diri kamu dalam artian kamu harus memberikan yang terbaik untuk bisa lulus dalam beasiswa ini karena secara persiapan pengetahuan kamu sudah siapkan sebelumnya, persiapan berkas sudah kamu siapkan bahkan kamu sudah dinyatakan lulus di tahap tersebut.
Pada tahap ini biasanya kamu akan menghadapi seleksi  tertulis, interview, forum group discussion atau sejenisnya  yang mana di tahap ini kamu sudah berada di dua tahap terakhir atau bahkan di tahap terakhir.
Persiapan yang harus kamu bangun adalah mental yang kuat dalam menghadapi seleksi berikutnya karena dengan mental yang kuat kamu akan merasa percaya diri untuk bisa melewati semua tahapan yang tersisa. Kamu harus membangun energi positif yang ada dalam dirimu sehingga pikiran-pikiran positif akan muncul dan mengeluarkan  semangat serta motivasi. Pada tahapan seperti ini kamu harus kembali mengingat bagaimana perjuangan kamu sampai bisa berada ditahap ini, siapa saja yang sudah mendukungmu sehingga kamu akan berusaha lebih keras dengan hal itu.
Untuk membantu kamu dalam persiapan terbaik kamu bisa mencari berbagai refensi terkait seleki yang akan kamu ikuti selanjutnya, baik dari teman yang sudah pernah mengikuti atau dari berbagai artikel yang bisa kamu pelajari. Hal yang tidak boleh kamu lakukan dalam tahap ini adalah menganggap remeh hal sekecil apapun karena sudah sangat banyak para pendaftar beasiswa gagal hanya karena mereka merehkan hal kecil seperti, kondisi kesehatan, peralatan yang harus kamu bawa dan hal kecil lainya. Oleh karena itu, anggaplah bahwa kesempatan ini adalah yang terakhir bagimu dan kamu harus lulus untuk kesempatan tersebut, sehingga satu-satunya hal yang harus kamu lakukan adalah memnerikan yang terbaik yang kamu miliki, mengeluarkan semua kemampuan kamu sehingga kamu bisa lulus dalam beasiswa yang kamu ikuti.
5. Berdoa 
Berdo’a merupakan bagian terpenting dari setiap langkahmu karena dalam berdo’a kamu akan menyadari bahwa setiap usaha yang kamu lakukan kamu tidak boleh melupakan Allah, Tuhan yang maha menghendaki.  Setelah semua persiapan kamu siapkan, semua tahap sudah kamu lalui dan kamu tinggal menunggu hasil yang terbaik. Ketika kamu berdo’a kamu menyadari bahwa usahamu tidak cukup berusaha saja namun kamu juga harus senantiasa berdo’a agar usaha kamu tidak terkesan sombong dan melupakan Allah.
Setelah kamu berusaha dengan maksimal, kamu sudah memberikan yang terbaik yang kamu punya dan kamu senantiasa berdo’a agar usahamu Allah ridhai sehingga kamu bisa lulus nantinya. Setiap proses pasti akan ada hasil yang didapatkan, kadangkala hasil itu sesuai dengan dengan harapan kamu dan adakalanya hasil tidak selalu sesuai dengan keinginanmu. Ketika kamu mendapat hasil maka itu adalah hasil dari usahamu yang tidak terlepas dari nikmat Allah. Namun, jika hasilnya tidak sesuai, dalam artian kamu tidak lulus padahal kamu sudah berusaha semampu kamu maka percayalah itu hasil terbaik yang harus kamu terima saat ini, mungkin  usahamu belum maksimal ataupun ada orang lain yang usahanya lebih besar dari usahamu sehingga Allah memberi kesempatan kepada yang lain. Kamu harus tetap berpikir positif dengan apapun hasil yang kamu dapatkan, jangan pernah putus asa karena kegagalan kali ini akan menjadi modal bagimu untuk mencoba lagi pada kesempatan yang lain.
Sekian beberapa hal yang dapat kami bagikan terkait hal-hal yang tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ingin lulus dalam beasiswa yang sedang kamu daftarkan. Pembahasan di atas merupakan pengalaman yang kami dapatkan selam mendaftar beasiswa dan hanya bisa kami jabarkan dalam pembahasan umum. Jika kamu ingin diskusi lebih lanjut silakan menghubungi kami dan kami akan menjawabnya dengan senang hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *