Panduan Lengkap Membuat Blog Bagi Pemula Dari Awal [Update 2017]

Posted on: Maret 7, 2017, by :


Hallo Blogger,

Artikkel kali ini kita akan membahas tentang tata cara membuat blog untuk pemula secara lengkap dan bertahap sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam dunia blogging saat ini. Sebelum kita membahas mengenai tahapan pembuatan blog kita review dulu sedikit terkait pengertian dan beberapa hal lain yang kita anggap perlu terkait dunia blogging

 

Apa itu Blog ?

Blog merupakan salah satu bentuk aplikasi  yang berbasis web atau sering disebut Aplikasi Web dimana blog pada berasal dari situs website yang dapat diakses secara online dan memiliki fungsi utama untuk memuat tulisan-tulisan dan gambar  yang dimuat dalam postingan pada setiap halaman web. Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal yang berasal dari berbagai latar profesi  dan biasanya adalah mereka yang hobi menulis. Setiap orang memiliki tujuan berbeda dalam membuat blog mulai dari hanya sekedar menulis sampai ada yang menjadikan blog sebagai tempat mereka mencari nafkah/penghasilan. Seseorang yang aktif di dunia blogging disebut blogger.

Perkembangan blog sudah sangat pesat hingga saat ini, dimana pada awalnya fungsi blog hanya sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatan harian melalui tulisan-tulisan yang di muat dalam postingan, blog digunakan untuk menuliskan keresaan yang dianggap perlu untuk diabadikan sehingga bisa bermanfaat bagi penulis sendiri dan pembaca nantinya. Akan tetapi, penggunaan blog saat ini lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin menghasilkan uang melalui menulis di blog.


Manfaat Blog ?

Perkembangan dunia blogging  yang begitu pesat tidak terlepas dari manfaat yang secara tidak langsung mereka (blogger) rasakan yang kemudian mereka ceritakan kepada orang lain sehingga menimbulkan dampak ketertarikan untuk mencoba. Diantara manfaat menjadi blogger adalah sebagai berikut;

 

  • Meningkatkan kemampuan dan kreatifitas menulis
  • Mudah dalam berbagi informasi
  • Menambah wawasan
  • Menjadi tempat menuangkan ide dan gagasan
  • Menumbuhkan minat baca
  • Memanfaatkan waktu luang untuk menulis
  • Menambah jaringan pertemanan
  • Mampu menghasilkan uang melalui iklan, job review dan profesi lainnya.
  • Dan lain sebagainya

Tahapan Membuat Blog !


1. Membuat Email : Jika kamu sudah memiliki alamat email, silakan gunakan email tersebut tanpa harus membuat baru. Kami sangat menyarankan alamat email yang kamu miliki adalah yang @gmail. Jika kamu belum memiliki alamat email silakan daftar terlebih dahulu di sini. Hal yang harus menjadi catatan adalah ingat baik-baik alamat email dan password email yang sudah kamu buat jangan sampai lupa.

2. Mendaftar Blog : Selanjutnya kita akan melakukan pendaftaran ke website blogger.com dengan email yang sudah kita miliki. Silakan masuk ke website blogger.com dan kemudian klik “Create Your Blog” seperti gambar di bawah ini. Kemudian kamu akan dialihkan ke halaman baru dan kemudian klik tulisan ” Lanjut Ke Blogger” dan kamu akan di alihkan ke halaman utama akun blog dan  klik tombol “Buat Blog Baru”.

Selanjutnya akan muncul halaman popup dimana kamu diminta untuk memasukkan beberapa catatan seperti;

  • Judul, silakan masukkan judul blog yang kamu inginkan. Judul blog ini merupakan judul blog yang akan muncul di bagian atas blog kamu (header)
  • Alamat, silakan tentukan alamat url blog kamu sesuai keinginan kamu. Alamat ini akan menjadi url blog kamu (contoh : www.samalangaku.com) yang tidak bisa kamu rubah lagi nantinya, Oleh karena itu pikirkan dengan baik sebelum mengisi.
  • Tema, silakan pilih tema  yang sudah tersediasesuai dengan kesukaan kamu. Jika tidak ada yang kamu suka, Kamu tetap harus memilih salah satu baru bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Tenang, karena tema ini bisa kamu rubah nantinya sesuai dengan kemauan kamu.
  • Klik “Buat Blog”. Pada tahap ini kamu sudah selesai memiliki akun blog dengan tampilan dasar (sederhana) dan tentunya belum ada postingan. Kamu akan langsung berada di halaman dashboard (seperti gambar di bawah ini) dimana halaman tersebut tempat kamu melakukan semua pengaturan mulai dari postingan artikel, desain halaman blog dan lain sebagainya.

3. Mengenal Menu Dashboard : Setelah kamu memiliki akun blog selanjutnya adalah mulai menulis dengan tulisan yang berkualitas dan bukan plagiat. Sebelum melakukan postingan sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu beberapa menu yang ada di dashboard blog dimana nantinya kamu akan mudah melakukan konfigurasi yang sesuai dengan keinginan kamu. Diantara menu yang ada di dashboard bog adalah sebagai berikut;

  • Posts, merupakan menu yang berfungsi untuk melakukan postingan artikel dengan mengeklik tombol “entri baru / new post”. Di halaman postingan tersedia halaman untuk menulis artikel dan beberapa perangkatnya, silakan mencoba sesuai keinginan kamu.
  • Stats, merupakan halaman yang menampilkan statistik blog kamu yang meliputi, penayangan blog, traffic blog, pengunjung dan sebagainya.
  • Comments, merupakan halaman dimana menampilkan komentar pengunjung blog kamu dan juga spam yang ada d blog kamu.
  • Earnings, merupakan halaman untuk melakukan pendaftaran Google AdSense
  • Compaigns, merupakan halaman dimana kamu bisa gunakan untuk mempromosikan blog kamu agar banyak pengunjung.
  • Pages, merupakan halaman dimana berfungsi untuk mengatur halaman yang ingin kamu buat sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.
  • Layout, merupakan halaman dimana tempat kamu mengatur tampilan blog kamu, di sini kamu bisa mengatur tata letak blog sesuai keinginan kamu
  • Theme, merupakan halaman untuk mengatur tampilan, memasukkan tampilan baru dan melakukan pengeditan HTML blog.
  • Settings, merupakan halaman untuk melakukan pengaturan umum blog seperti  melakukan pengaturan bahasa, email yang kamu gunakan, postingan yang ingin kamu tampilkan dan sebagainya.
  • Reading Lists, merupakan halaman dimana yang menampilkan daftar bacaaan blog kamu
  • Help?, merupakan halaman yang bisa kamu gunakan untuk meminta bantuan, melaporkan atau menanyakan sesuatu terkait blog jika terjadi error.
4. Mengatur Layout Blog : Tata letak merupakan bagian penting dalam blog karena menarik atau tidaknya blog kamu tergantung bagaimana kamu mengaturnya di tata letak. Di tata letak yang harus kamu lakukan adalah;
  • Menggantikan icon / logo blog kamu supaya blog kamu memilki ciri khas dan mudah dikenal oleh pengunjung
  • Menambahkan widget/gadget header blog atau juga bisa lewat edit HTML di menu Thema/Tema di Dashboard.
  • Mengatur atau menambahkan menu utama dan sub menu yang ingin kamu tampilkan di tampilan blog kamu. Menu dapat kamu tampilkan dengan menambahkan gadget yang ada di halaman tersebut, nanti kamu akan di berikan beberapa pilihan dan pilihlah sesuai yang ingin kamu tampilkan.
  • Menambahkan widget/gadget yang harus ada di setiap blog seperti, populart posts, email subscriber, archive blog, comments box, kategori post dan form contact.
  • Menambahkan widget/gadget footer blog dan bagian-bagian lain yang ingin kamu tampilkan, Tapi, sebaiknya tidak menampilkan terlalu banyak widget yang tidak penting sehingga akan membuat blog kamu menjadi lambat.

5. Membuat Sitemap Blog : Sitemap blog bukan hanya untuk melengkapi tampilan blog kamu, akan tetapi sitemap sangat penting untuk sebuah blog dimana sitemap berfungsi untuk membantu para pengunjung menemukan blog kamu di mesin pencari seperti google, bing dan laiinya dan juga sitemap akan berfungsi sebagai daftar isi yang memuat semua artikel yang ada di blog kamu. Selain itu sitemap akan berdampak pada penilaian Google AdSense.

Selain sitemap, blog kamu juga harus memiliki halaman About, Contact, Disclaimer, TOS dan Privacy Police. Dimana semua halaman itu wajib ada jika kamu ingin mendaftar Google AdSense. Untuk bagaimana membuat halaman-halaman tersebut akan kita bahas di artikel selanjutnya dengan lebih detail.

Sekian dulu artikel panduan cara membuat blog bagi pemula ini terkait langkah awal pembuatan blog bagi pemula, untuk cara mengatur widget, mendesain halaman dan pembuatan halaman lainnya akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bisa dipahami khususnya bagi blogger pemula, silakan hubungi kami jika ingin menanyakan segala sesuatu terkait blog kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *