Kisah Sukses Ronaldo, “Saya Selalu Merasa Butuh Untuk Terus Belajar Karena Belajar Tidak Ada Batas”

Posted on: Maret 30, 2017, by :
Kisah Sukses Cristiano Ronaldo

 

Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain bola terbaik dunia saat ini bahkan dalam sepuluh tahun terakhir. Pemain bola yang dikenal dengan sebutan CR7 ini memiliki kisah perjalanan hidup yang belum banyak orang ketahui selama ini dimana kesuksesan dia saat ini ternyata menyimpan berbagai kisah menarik untuk kita jadikan motivasi dalam menjalani  dan meraih sebuah kesuksesan dalam hidup.

Kesuksesan Ronaldo tidak terlepas dari semangatnya dalam berlatih, keyakinan untuk terus bisa menjadi lebih baik, kerja keras dalam setiap pekerjaan dan dukungan dari orang-orang yang dia cintai. Hampir semua orang menganggap bahwa kesuksesan seseorang selalu ditentukan dari keluarga mana dia berasal, siapa ayah dan ibunya, dan lain sebagainya. Keluarga yang kaya, seorang ayah yang memiliki jabatan hebat dan seorang ibu dengan pendidikan tinggi akan melahirkan anak yang hebat, tentunya jika hal ini terjadi tidak akan membuat kita kaget. Namun, kenyataan tidak selalu seindah itu, bahkan sering kali bertolak belakang. Ronaldo merupakan salah satu contoh dari hal yang bertolak belakang tersebut, kenapa?. Karena kisah hidup dia ternyata dimulai dari hal-hal yang tidak istimewa. Bocah yang lahir di salah satu daerah termiskin di Funchal Madeira, Portugal 5 Februari 1985 ternyata;
  • Anak dari seorang ayah yang sehari-hari hanya bekerja sebagai pekerja kebun dan seorang ibu tukang masak.
  • Sejak umur 9 tahun Ronaldo sudah tertarik untuk bermain bola namun sering kali teman-temannya mengejek karena saat itu ayahnya bekerja sebagai cleaning service di tempat Ronaldo berlatih sepakbola.
  • Ejekan tersebut tidak pernah membuat Ronaldo patah semangat bahkan membuat dia lebih giat berlatih hingga pada umur 11 tahun dia memutuskan untuk merantau sendiri ke Lisbon dan bergabung dengan sebuah club bola yaitu Sporting Lisbon.
  • Saat berumur 14 tahun, Ronaldo mendapat tekanan berat dalam hidupnya ketika dia mengetahui ayahnya kecanduan alkohol dan kakanya kakaknya kecanduan narkoba.
  • Memasuki usia 20 tahun ayahnya meninggal karena kecanduannya terhadap alkohol
  • Hal itu membuat Ronaldo benci terhadap alkohol dan hingga saat ini dia tidak pernah mau minum alkohol.
  • Kelakukan kakaknya yang sudah terlanjur kecanduan narkoba tidak membuat Ronaldo membenci kakaknya, bahkan dia selalu memberi semangat dan mendorong kakaknya untuk sembuh.

Latar belakang kehidupan Ronaldo ternyata begitu mengharukan bahkan membuat kita tidak percaya kalau kita bandingkan dengan kesuksesan, presatasi dan ketenaran Ronaldo Saat ini. Siapa sangka dan siapa yang bisa memprediksi seorang bocah 20 tahun lalu ternyata bisa menjadi pemain bola yang hingga saat ini masih terus bersinar  bersama tim raksasa Spayol yaitu Real Madrid bahkan sudah meraih berbagai penghargaan dan menjadi pemain bola idaman para pecinta sepak bola.

Prestasi Ronaldo
Kesuksesan Ronaldo tidak membuat dia merasa lupa diri dan tidak peduli dengan orang lain. Masa lalu dimana dirinya pernah merasakan hal pahit dalam hidupnya saat pertama kali berkarir di dunia sepak bola membua Ronaldo tersentuh untuk membantu orang lain agar tidak merasakan hal serupa. Ronaldo dikenal sebagai pesepa bola yang sangat peduli dengan nilai-nilai kemanuasian dimana sudah banyak kegiatan sosial yang pernah dia lakukan seperti;
  • Membantu anak-anak, dimana yang paling fenomenal adalah ketika dia diminta untuk menolong untuk menyumbang jerseynya kepada seorang bocah yang sedang sakit dan dirawat di rumah sakit berumur 11 tahun yang bernama Erik, ternyata Ronaldo melakukan lebih dengan memabyar semua biaya operasi dan perawatan Erik padahl dia tidak mengenal siapa Erik tersebut.
  • Pada tahun 2005, Ronaldo mengangkat seorang anak korban Tsunami Aceh yang berhasil bertahan dengan kostum Portugal menjadi anak angkatnya. Anak tersebut bernama Martunis yang hingga saat ini Ronaldo masih membiayai segala kebutuhan Martunis dan bahkan pernah memberi Martunis kesempatan untuk bisa bergabung dengan club Sporting Lisbon.
  • Ronaldo pernah menjual sepatu emasnya seharga 1.5 Juta Euro yang kemudian dia donasikan untuk pembangunan sekolah di Gaza yang telah hancur karena perang yang tidak kunjung selesai.
  • Ronaldo memutuskan untuk tidak membuat tato di badanya karena dia ingin terus bisa mendonorkan darahnya.
  • Ronaldo mengajak anak dan ayah pengungsi suriah  untuk bekerja di Real Madrid yang saat itu dihebohkan karena di sandung dengan sengaja oleh reporter.
  • Pernah seorang anak dari jepang mewawancarai dengan menggunakan bahasa portugis dan saat itu banyak penonton yang menertawakannya karena aksen anak tersebut yang tidak fasih. Namun, Ronaldo melakukan hal yang berbeda, dia membela anak tersebut dengan mengatakan ” Kamu harus senang, karena kamu sudah mencoba dengan begitu keras”.
  • Dan masih banyak kisah lainnya.
Banyak kisah Ronaldo yang sangat menginspirasi kita semua, walaupun masih banyak juga orang yang mangatakan bahwa dia adalah seorang pemain bola yang egois dan sombong. Akan tetapi, jika saja mereka mengetahui pribadi Ronaldo dan sejarah hidup Ronaldo mungkin mereka tidak akan mengatakan hal tersebut. Semua yang dilakukan Ronaldo bukan untuk merubah pendangan orang terhadap dia menjadi baik semua. Tidak! Ronaldo pernah mengatakan bahwa  I am not going to change the word you are not going to change the word, But we can help, we can all help!, itulah motivasi Ronaldo yang sangat luar biasa.
Kesuksesan Ronaldo sangat berbeda dengan pesepak bola lainnya dimana kesuksesaan dia saat ini tidak membua dia berhenti untuk terus berlatih dan menjadi seorang pemain bola hebat. Sebenarnya semua itu sudah Ronaldo raih, lihat saja prestasi Ronaldo hingga saat ini. Namun apa yang membuat Ronaldo tidak berheti untuk belajar? Ronaldo pernah mengatakan;

“I am not a perfectionist, but I like to feel that things are done well. More important than that, I feel an endless need to learn, to improve, to evolve, not only to please the coach and the fans, but also to feel satisfied with myself. It is my conviction that there are no limits to learning, and that it can never stop, no matter what our age”( Saya tidak perfeksionis, tapi saya suka merasa hal-hal tersebut dilakukan dengan baik. Lebih penting dari itu, saya selalu merasa butuh untuk terus belajar, meningkatkan kemampuan, berkembang, tidak hanya untuk menyenangkan pelatih dan fans, tetapi juga supaya merasa puas dengan diri saya sendiri. Ini adalah keyakinan saya bahwa tidak ada batas untuk terus belajar, dan bahwa belajar itu tanpa henti, tidak peduli berapa usia kita).

Kehebatannya di dalam lapangan sepak bola tidak serta merta membuat Ronaldo selalu dipuji, Ronaldo sering kali dihujat dan dicaki di saat dunia sudah mengakui kehebatannya. Rasanya tidak pantas hujatan kita arahkan terhadap Ronaldo dengan segala pembuktian yang sudah dia berikan. Namun, lagi-lagi Ronaldo tidak pernah putus asa dan bahkan membuat dia tambah bersemangat, dia malah menanggapi dengan kepercayaan diri.

 “Maybe they hate me because I’m too good!”
“Mungkin mereka membenci saya karena saya terlalu bagus”
 
“Some fans keep booing and whistling at me because I’m handsome, rich and a great player. They envy me”.
“Beberapa fans terus mencemooh dan bersiul pada saya karena saya tampan, kaya dan pemain hebat. Mereka iri kepada saya”

Baca Juga : 11 Kebiasaan Orang yang bermental Kuat

Kisah Perjalanan hidup Ronaldo menyimpan begitu banyak pelajaran, kesuksesaannya baik di dalam lapangan sepak bola maupun di luar lapangan sepak bola sudah di akui oleh dunia. Ronaldo saat ini menjadi salah satu pemain bola terbaik sepanjang masa, pemain bola terkaya dan pemain bola tersukses dalam dunia sepak bola. Namun hal tersebut tidak membuat Ronaldo berhenti untuk terus belajar menjadi lebih baik karena baginya belajar tidak pernah ada batasnya.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari kisah hidup Ronaldo?. Tentunya banyak sekali dimana Ronaldo telah membuktikan bahwa kerja keras akan mengalahkan sebuah bakat, Kesuksesan Ronaldo mengajarkan bahwa akan tetap ada orang yang tidak menyukai kita, menghina kita sekalipun kita sudah menjadi terbaik di dunia, yang harus kita lakukan adalah tetap fokus dengan diri kita untuk terus belajar menjadi lebih baik.

Semoga kisah sukses Ronaldo dalam kita ambil pelajaran bahwa siapapun kita, darimanapun asal kita dan apapun pekerjaan ayah kita tidak boleh menjadi hambatan dalam hidup kita karena kesuksesan bukan milik mereka orang kaya, bukan milik mereka yang berasal dari keluarga terhormat, Namun kesuksesan adalah milik mereka yang mau bekerja keras dan terus belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *