Download E-Book Bahasa Pemograman (HTML, CSS, Java Script, PHP dan C++) Gratis

Posted on: Maret 27, 2017, by :
 E-Book bahasa pemograman
Pemograman merupakan istilah yang sangat familiar dalam dunia komputer khususnya bagi mereka yang berasal dari jurusan komputer atau bagi kamu yang hobby mengoperasikan komputer. Pemograman adalah proses menulis, mengetik, menguji dan memperbaiki (debug), serta memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman (sumber: wikipedia).
Pemograman dalam sebuah komputer terdiri dari berbagai bahasa komputer yang kemudian di sebut sebagai bahasa pemograman. Segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan perkembangan teknologi pastinya tidak bisa terlepas dengan bahasa pemograman karena semua itu dibangun menggunakan bahasa pemograman. Contohnya seperti search engine terkenal sekelas google, bing, yahoo da sebagainya itu di bangun dengan menggunakan bahasa pemograman. Sebuah aplikasi dekstop, aplikasi android dan web juga dibangun dengan menngunakan bahasa pemograman.
Banyak orang belum tau bahwa sebuah web atau aplikasi yang sering mereka gunakan merupakan hasil dari kombinasi beberapa bahasa komputer yang dipadukan dengan algoritma dengan tujuan tertentu sehingga menghasilkan sebuah aplikasi yang diinginkan. Bahasa pemograman yang sering kita kenal seperti HTML, CSS, Java, Java Script, PHP, C, C++ dan JQuery dimana semuanya ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dan ke semuanya akan saling melengkapi untuk membangun sebuah aplikasi atau web service.
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi (sumber: wikipedia)

Sebuah aplikasi atau web akan bisa dibangun jika kita bisa menguasai bahasa pemograman dengan baik. Jadi, siapapun bisa membangun web jika mereka mampu menguasasi bahasa pemograman dengan baik, tidak harus anak jurusan komputer, anak teknik dan ahli komputer. Jika kamu adalah mahasiswa jurusan olahragapun bisa membangun web atau aplikasi jika kamu mampu menguasai bahasa pemograman. Untuk mengenal lebih dekat tentang bahasa pemograman, berikut kami bagikan sedikit pengertian singkat tentang bahasa pemograman tersebut.

HTML
Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah (sumber: wikipedia)

CSS
CSS (Cascading Style Sheet ) merupakan salah satu kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik.CSS adalah sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. (sumber : wikipedia)
 
PHP
PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. (sumber:wikipedia)
Java Script
JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. JavaScript populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT. (sumber:wikipedia)
JQuery
JQuery adalah pustaka JavaScript lintas-platform yang didesain untuk menyederhanakan client-side scripting pada HTML. Dewasa ini, jQuery merupakan pustaka JavaScript yang paling populer, dengan 65% pemasangan dari 10 juta situs Web dengan pengunjung tertinggi. jQuery adalah gratis, dan bersifat kode sumber terbuka dibawah lisensi MIT. (sumber:wikipedia)
Java
Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. (sumber;wikipedia)
C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). (sumber: wikipedia)
Password: sandi123
Itulah beberapa bahasa pemograman yang perlu kamu ketahui dan kuasai jika kamu ingin membangun sebuah aplikasi atau sebuah website. Pada artikel ini kita hanya fokus untuk mengenalkan bahasa pemograman secara umum, karena penjelasan secara mendalam ada di dalam e-book masing-masing. Atau kamu bisa melihat di situs ini.
Sekian artikel tentang E-Book Bahasa Pemograman (HTML, CSS, Java Script, PHP dan C++) semoga bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin mendalami dunia komputer khususnya terkait bahasa komputer itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *