Cara Mengoptimalkan Web / Blog Menjadi SEO Friendly Agar Tampil Di Page One Google

Posted on: Maret 13, 2017, by :
cara mengoptimalkan blog menjadi seo


Hallo Blogger,

 
Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara mengoptimalkan website atau blog agar tampil di halaman mesin pencarian terutama di halaman pertama google dan bing. Untuk mewujudkan hal tersebut kamu harus sedikit bekerja keras karena tidak semua website atau blog bisa terindex google untuk tampil di halaman pertama. Banyak yang bertanya bagaimana agar website atau blog bisa memenangi halaman pertama google sehingga banyak pembaca yang mengunjungi website atau blog kita.
Selain sebuah web atau blog harus memiliki konten yang berkualitas juga diperlukan design blog yang responsive sehingga pengunjung bisa lebih nyaman ketika mengunjungi web atu blog kamu. Cara yang sudah sangat familiar untuk mengoptimalkan web atau blog agar responsive dan muncul di halaman pertama google adalah dengan memastikan bahwa web atau blog kamu sudah SEO Friendly, hal ini disebabkan karena blog yang sudah SEO Friendly bukan hanya mampu bersaing di halaman pertama google namun juga akan sangat menarik mata Google AdSense ketika kamu mendaftarkan web atau blog kamu.
 
Apa Itu SEO Friendly?
SEO merupakan singkatan dari bahasa inggris yaitu Search Engine Optimization yang berarti sebuah langkah untuk mengoptimalkan sebuah web atau blog di mata mesin pencari atau yang sering kita kenal dengan Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainnya.
Ketika sebuah web atau blog sudah optimal di mata mesin pencari maka ketika seseorang mengetik kata kunci tertentu di mesin pencari katakanlah Google, Google akan menampilkan web atau blog yang ada memuat konten tentang kata kunci tersebut dan yang Google tampilakan di halaman terdepan tentu web atau blog yang juga memiliki konten dan design yang SEO Friendly.
 
Bagaimana Kita Tau Web Sudah SEO atau Belum ?
Jika kamu belum mengetahui apakah web ata blog kamu sudah SEO Friendly atau belum silakan ceck score seo blog kamu di halaman SEO Tool Checker.
 

Silakan masukkan domain web atau blog kamu di bagian enter ULR kemudian klik Check SEO. Di situs tersebut kamu bisa melihat berapa score seo blog atau web kamu dan dimana saja bagian yang harus kamu perbaiki supaya web atau blog kamu menjadi SEO Friendly. Di bagian bawahnya kamu akan diberikan berupa sertifikat berdasarkan skor dari web atau blog kamu. Contohnya seperti di bawah ini merupakan hasil SEO Check webblog www.samalangaku.com

Cara Mengoptimalkan Web atau Blog Menjadi SEO Friendly
Cara yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki web atau blog kamu sehingga menjadi SEO Friendly adalah dengan memperbaiki bagian-bagian penting yang ada pada sebuah web atau blog. Bagian-bagian penting tersebut terdiri dari beberapa bagian seperti;


1. Page Title
Page title merupakan bagian dimana kamu mengisi judul dari web atau blog kamu, biasanya berada di bagian atas sehingga sering di sebut sebagai header page title. isilah bagian tersebut jangan sampai kosong karena kalau kosong Google tidak akan mengenal blog kamu dan pastikan jangan lebih dari 65 karakter.

2. Meta Description
Meta Description merupakan bagian dimana kamu mengenalkan tentang apa yang kamu bahas dalam web atau blog kamu misal; samalangaku merupakan sebuah blog yang menyajikan berbagai topik, bla bla (jangan lebih dari 160 karakter). Jika kamu menggunakan blog silakan masuk di bagian setting-search preperences dan edit dibagian meta tags. Jika kamu menggunakan hosting lain silakan edit di bagian coding html nya.

3. Meta Keyword
Meta Keyword merupakan kata kunci yang kamu gunakan dalam web atau blog kamu sehingga google bisa mengenalnya. Oleh karena itu pastikan setiap postingan kamu memiliki keyword yang spesifik.

4. Header h1 (<h1>) Headings 
h1 merupakan bagian kepala web atau blog yang paling atas, kamu harus memastikan bahwa web atau blog kamu memiliki bagian header utama yang sudah di kenal google. bagian h1 biasanya terdiri dari kepala, logo dan page title.

5. Header h2 (<h2>) Headings 
h2 merupakan bagian menu, body dan widget yang ada di web atau blog kamu. Bagian ini sanga penting untuk kamu pastikan apakah sudah responsive di mata google.

Baca Juga Mengatur Tampilan Widget Tertentu Di Halaman Tertentu Blog

6. Robots.txt
Robots.txt merupakan salah bagian penting dalam sebuat web atau blog karena berfungsi untuk mengontrol halaman yang tidak boleh di indek oleh mesin pencari.

7. Sitemap
Sitemap merupakan bagian daftar isi dari sebuah web atau blog dimana sangat penting agar mesin pencari mudah mengenal dan menemukan artikel.

8. Broken Links
Broken Links Test merupakan link web atau blog kamu yang tidak bisa di jalankan di mesin pancari. Pastikan tidak ada halaman atau ulr  di web atau blog kamu yang rusak karena ini sangat mempengaruhi SEO nya sebuah web atau blog.

9. Underscores In Links
Underscores In Link Test merupakan tanda (_) yang terdapat pada sebuah ulr web atau blog. tanda underscore membuat blog tidak SEO karena hanya tanda (-), (/), huruf kecil a-z dan number yang dibolehkan ada di bagian sebuah ulr web atau blog. Oleh karena itu pastikan tidak ada link baik dari halaman atau ulr artikel web atau blog kamu yang mengandung tanda underscore(_).

10. Image Alt
Image Alt merupakan attribut dari sebuah gambar yang kamu masukkan ke dalam web atau blog kamu. Pastikan setiap gambar yang kamu masukkan harus di sertakan atribut dan title dari gambar tersebut.

11. Inline CSS
Inline CSS merupakan gaya penulisan yang membuat web atau blog kamu menjadi tidak SEO, biasakan menggunakan gaya Ekternal CSS atau Internal CSS.

Baca Juga Belajar Membuat Web dengan melalui W3schools Offline


12. Favicon
Favicon merupakan icon yang tampil ketika kamu menjalankan link kamu, biasa seperti logo kecil di bagian tab. Ternyata adanya favicon bisa mempengaruhi penilaian SEO, jadi pastikanweb atau blog kamu memiliki favicon.

13. Deprecated Tags
Deprecated Tags merupakan istilah dalam bahasa pemograman yang menyatakan bahwa sebuah tags sudah usang atau tidak dipakai lagi karena sudah ada yang baru. Jadi kamu harus menggunakan tags yang terupdate biar web atau blog kamu menjadi SEO.

14.Redirection
Redirection merupakan istilah untuk mengalihkan alamat ulr web atau blog kamu. Pastikan url blog kamu teralihkan dari adanya www ke tidak ada (www.samalangaku.com menjadi samalangaku.com). Silakan atur di halaman google webmaster tool.

15. Page Size
Page siza merupakan ukuran secara keseluruhan koding yang ada di template web atau blog kamu. Pastikan jangan lebih dari 33 Kb karena kalau lebih dari itu akan membuat loading web atau blog kamu menjadi lambat dan akan mempengaruhi SEO.

Poin-poin di atas merupakan bagian terpenting yang harus kamu optimalkan agar web atau blog kamu menjadi SEO Friendly. JIka kamu sudah melakukan perbaikan pada bagian tersebut silakan ceck pada halaman yang tadi kami berikan, apakah ada perubahan ? pastinya akan ada perubahan jika kamu melakukannya dengan benar.

Pada arikel Cara Mengoptimalkan Web / Blog Menjadi Responsive Dan SEO Friendly Agar Tampil Di Halaman Pertama Google ini kita hanya memperkenalkan bagian-bagian yang harus kamu optimalkan, kita belum membahas secara mendalam bagaimana cara memperbaiki bagian tersebut satu persatu. Kita akan membahas bagian itu di artikel selanjutnya, jika kamu ingin tau lebih dalam coba kunjungi blog ini. Sekian dulu, semoga untuk artikel kali ini bisa bermanfaat buat kamu semua.

 

3 thoughts on “Cara Mengoptimalkan Web / Blog Menjadi SEO Friendly Agar Tampil Di Page One Google

  1. An outstanding share! I’ve just forwarded this onto a coworker who was
    conducting a little homework on this. And
    he in fact bought me lunch because I stumbled upon it for him…
    lol. So allow me to reword this…. Thanks for the meal!! But yeah, thanx for
    spending the time to talk about this matter here on your website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *