11 Kebiasaan Orang yang Bermental Kuat

Posted on: Maret 1, 2017, by :


Salam Hangat Sobat samalangaku.com,

Kakuatan Mental merupakan sesuatu hal yang sangat berpengaruh dalam menunjang kesuksesan sesorang, karena kecerdasan otak tidaklah cukup untuk menghadapi berbagai tantangan hidup yang mana sering membuat orang cerdas namun sulit untuk mencapai kesuksesan sehingga kekuatan mental harus dimiliki bagi mereka yang ingin menjadi orang sukses dalam perjalanan hidup mereka.
Bebicara tentang kekuatan mental kami teringat dengan sebuah buku karangan Dr. Travis Branberry seorang penulis terbaik dunia yang mana dia telah memenangkan sebuah penghargaan penulis buku terlaris. Bukunya yang paling fenomenal adalah “Emotional Intelligence 2.0” dimana dalam buku tersebut dikupas tuntas tentang apa saja kebiasaan orang-orang yang bermental kuat. Buku tersebut telah diterjemahkan kedalam 25 bahasa dan tersedia di 150 negara. Oleh karena itu, kami merasa bahwa perlu untuk kami bagikan intisari yang dapat kami simpulkan dari uraian buku tersebut.
Dalam buku tersebut, Dr. Travis Branberry menuliskan beberapa kebiasaan orang yang bermental kuat yang kemudian  kami simpulkan dan kami tambahkan beberapa pemahaman. Kita semua pernah merasakan keadaan yang sangat genting dalam hidup kita dimana mental kita saat itu sedang teruji. Banyak hal yang bisa menjadi sebab seperti sebuah pertemanan yang buruk, tugas atau pekerjaan yang menumpuk atau bahkan karena hubungan keluarga yang tidak harmonis.
Apapun yang terjadi kamu harus tetap kuat dalam menjalani hidup, cobalah melihat suatu peristiwa melalui sudut pandang yang berbeda, sudut pandang yang positif dimana kamu bisa tetap berpikir jernih untuk menghadapi dan melewati setiap tentangan itu dengan semangat dan jiwa yang kuat. Semua keinginan itu memang kedengarannya mudah dimana kita selalu menginginkan teman yang baik, pekerjaan yang bagus dan hubungan keluarga yang harmonis.
Tapi, tidak seperti itu karena sangat sulit untuk tetap kuat, apa lagi ketika kamu merasakan depresi karena suatu masalah besar. Kemampuan untuk memecahkan masalah besar dan mengambil keputusan  membutuhkan banyak ketabahan, keberanian dan semangat dimana semua itu hanya dimiliki oleh orang yang bermental kuat.
Sangat mengagumkan melihat bagaimana orang yang bermental kuat mampu melakukan hal tersebut dimana kebanyakan orang tidak, hal ini disebabkan ketika orang lain melihat sebuah kesulitan sebagai sebuah masalah, maka orang yang bermental kuat melihat kesempatan yang harus mereka atasi.
Katika pabrik Thomas Edison terbakar habis pada tahun 1914, semua bangunan leyap dan menyebabkan kerugian mencapai 23 juta dolar.  Bagaimana respon Edison ? sangat Simple:
“ Terimakasih Tuhan semua kesalahan kami telah terbakar habis. Sekarang kami bisa memulai kembali dengan lebih baik”.
Reaksi Edison merupakan sebuah contoh yang sangat baik dari kekuatan mental, Dia melihat kesempatan dan mengambil sikap ketika melihat sesuatu yang buruk sedang terjadi.
Ada beberapa kebiasaan yang disebutkan dalam buku tersebut dimana  dapat kamu kembangkan untuk meningkatkan kekuatan mental dimana hal ini merupakan karekter dari mereka yang memiliki kakuatan mental yang kuat, diantaranya adalah;
 
Mereka Memiliki Kecerdasan Emosional : Kecerdasan emosional atau emotional Intelligent (EQ) merupakan pondasi atau landasan kekuatan mental. Kamu tidak akan memiliki kekuatan mental yang kuat tanpa ada kemampuan untuk memahami dan mentoleransikan emosi negative dan tetap melakukan sesuatu yang produktif dengan emosi itu. Ketika suatu kondisi menguji kekuatan mental kamu, maka pada akhirnya juga akan menguji kecerdasan emosional kamu.
Tidak seperti IQ yang bersifat tetap, EQ merupakan sebuah keterampilan yang fleksible dimana kamu bisa meningkatkannya dengan belajar dan usaha. Satu hal yang tidak mengherankan bahwa 90% dari orang-orang yang berhasil dalam hidup mereka memiliki EQ tinggi dan orang yang memiliki EQ tinggi memiliki penghasilan yang lebih besar daripada mereka yang EQ rendah.
Mereka Percaya Diri : Mereka yang bermental kuat percaya bahwa kekuatan pikiran kamu memili efek yang sangat kuat terhadap kemampuan anda untuk sukses. Kekuatan pikiran atau gagasan ini bukan hanya sebagai motivasi. Iniadalah fakta dimana sebuah studi terbaru di Uiversitas Malbourne menunjukkan bahwa orang-orang yang percaya diri maju lebih cepat untuk kenaikan gaji dan dipromosikan lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak.
“Apakah kamu berpikir kamu bisa, atau kamu berpikir kamu tidak bisa, kamu tetap benar”
– Henry Ford
Percaya diri yang sesungguhnya bertentangan dengan kepercayaan diri palsu orang yang menutupi rasa tidak aman mereka. Mereka yang bermental kuat memiliki kekuatan lebih ketika diragukan dan ditakutkan. Hal ini karena kepercayaan diri mereka sehingga dapat menginspirasi orang lain dan membantu mereka untu mewujudkan sesuatu.
Mereka Mengatakan Tidak : Berdasarkan penelitian di Universitas Berkeley menunjukkan  bahwa semakin sulit kamu mengatakan tidak, maka semakin mudah membuat kamu menjadi stress, kelelahan dan bahkan menjadi depresi. Orang yang bermental kuat tau bahkan mengatakan tidak adalah sebuah kesehatan. Merek memiliki rasa untuk menghargai diri mereka sendiri dan keinginan untuk mengatakan bahwa itu tidak jelas.
Ketika waktunya untuk mengatakan tidak, orang-orang yang bermental kuat menghindari untuk mengatakan “ Saya tidak berpikir bahwa saya bisa”. Mereka mengatakan tidak dengan tegas karena mereka tau dengan mengatakan tidak terhadap suatu kontrak baru terhadap kontrak yang sudah ada maka akan memberi mereka kesempatan untuk menyelesaikan secara sukses.
Kekauatan mental juga tau bagaimana menggunakan control diri dengan mengatakan no terhadap diri mereka. Mereka menunda kegembiraan dan menjauhi perbuatan yang bisa menyebabkan kerugian
Mereka Akur dengan Orang Payah : Berurusan dengan orang payah merupakan sebuah hal yang bisa membuat kamu frustasi dan melelahkan bagi sebagian orang. Orang-orang yang memiliki mental kuat tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut dengan menjaga perasaan mereka. Ketika mereka menghadapi orang payah mereka mendekati dengan sesuatu yang rasional. Mereka mencoba mengidentifikasi emosi mereka dan tidak membiarkan timbul amarah yang dapat membuat kekacauan. Mereka juga mencoba memandang sesuatu dari sudut orang yang payah sehingga dapat menemukan sebuah solusi yang tepat dengan tujuan tidak ingin membuat mereka menjadi jatuh atau merasa diremehkan.
Mereka Merangkul Perubahan : Orang-orang yang bermental kuat sangatlah fleksibel dan mudah beradaptasi dengan kondisi. Mereka sadar bahwa rasa takut untuk melakukan perubahan adalah masalah besar yang bisa menjadi hambatan utama dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan.
Hanya ketika kamu merangkul perubahan kamu akan menemukan hal baik di dalamnya. Kamu harus memiliki pikiran dan tangan terbuka untuk mengenali dan memanfaatkan peluang dari sebuah perubahan yang ada.
Mereka Merangkul Kegagalan : Orang-orang yang bermental kuat tidak pernah takut dengan kegagalan karena mereka tau bahwa jalan untuk menuju kesana selalu ditaburi dengan kegagalan. Tidak ada kisah seorang yang sekarang sudah benar sukses tanpa melewati sebuah kegagalan terlebih dahulu. Ketika kamu sadar kamu berada di jalan yang salah dan kamu mengakuinya berarti kamu membuka jalan untuk menuju kesuksesan. Terobosan besar biasanya muncul ketika kamu sedang dalam keadaan frustasi dan terjebak. Karena hal ini akan memaksa kmu untuk berpikir secara berbeda, melihat lebih luas dan menemukan solusi yang selama ini belum kamu dapatkan.
 
Selanjutnya, Orang yang bermental kuat tidak memikirkan kesalahan karena mereka tau bahwa ketika kamu memfokuskan perhatian kamu pada hal tersebut maka akan membuat emosi kita berlebihan. Ketika kamu terpaku pada masalah yang sedang kamu hadapi, maka kamu sedang memperpanjang emosi negatife dan menimbulkan stress yang mengganggu. Sebaliknya ketika kamu memfokuskan pada tindakan untuk memperbaiki kesalahan dan keadaan maka kamu sedang menciptakan rasa keberhasilan sendiri yang menghasilkan emosi positif dan dapat meningkatkan kinerja kamu.  Orang yang bermental kuat selalu berusaha menjauhkan diri mereka dari kesalahan mereka tetapi tetap memperbaikinya bukan justru melupakannya. Karena dengan begitu mereka  akan merasa aman untuk tetap mencapai kesuksesan mereka dan juga memperbaiki kesalahan yang ada.

Mereka Tidak Membandingkan Diri Mereka dengan Orang Lain : Orang yang bermental kuat tidak pernah menghakimi orang lain karena mereka tau setiap orang memiliki sesuatu yang bisa di banggakan dan mereka tidak perlu menjatuhkan orang lain hanya untuk membuat diri sendiri lebih baik. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah keterbatasan, kecemburuan dan kebencian yang dapat menguras energi dan merugikan kehidupan kamu. Orang yang bermental kuat tidak mengahabiskan waktu  dan energi mereka untuk mengukur kemampuan orang lain. Daripada membuang energi anda pada kecemburuan, lebih baik menyalurkan ke hal yang lebih bermanfaat seperti melakukan apresiasi terhadap orang lain karena dengan begitu hubungan baik kamu dengan yang lain akan terjaga.

Baca Juga : Allah Tak Akan Mengubah Nasibmu, Jika

Mereka Berolahraga : Sebuah studi yang dilakukan di  sebuah instansi penelitian Timur Ontario menemukan bahwa orang yang berolahraga dua kali seminggu dalam 10 minggu akan lebih social, lebih cerdas dan lebih kompeten. Mereka juga dinilai memiliki kondisi badan dan harga diri yang lebih tinggi. “Best of all, rather than the physical changes in their bodies being responsible for the uptick in confidence, which is key to mental strength, it was the immediate, endorphin-fueled positivity from exercise that made all the difference”.
 
Mereka Menjaga Pola Tidur : Tidur yang cukup sanga penting untuk meningkatkan kekuatan mental kamu. Ketika kamu tidur,  otak akan menghapus protein yang beracun, yang mana merupakan hasil dari aktifitas anda ketika kamu terjaga. Sayangnya otak hanya mampu menghapus secara sempurna ketika anda memiliki cukup tidur, jika tidak maka sel-sel racun akan tetap ada di otak kamu yang mana bisa mendatangkan masalah yang akan mempengaruhi kemampuan kamu untuk berpikir.
Orang yang bermental kuat tau bahwa pengandalian diri, fokus, dan memori akan bekerja kurang maksimal ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup sehingga mereka memprioritaskan bahwa tidur yang cukup adalah hal yang utama.
Mereka Selalu Berpikir Positif : Coba jauhkan matamu untuk melihat berita dalam jangka waktu yang lama dan kamu akan melihat bahwa apa yang disiarkan hanyalah siklus yang tak berujung seperti perang, kekerasan, kelemahan ekonomi, kegagalan sebuah perusahaan dan bencana alam. Sangat mudah untuk berpikir bahwa dunia dipimpin dengan buruk. Dan siapa tau ? mungkin juga benar. Namun, orang yang bermental kuat tidak pernah terjebak dalam hal-hal yang mereka tidak bisa kendalikan. Alih-alih mereka mencoba untuk melakukan seuah revolusi, mereka memfokuskan energi mereka pada 2 hal yang memang mereka bisa kendalikan yaitu tujuan dan usaha mereka.

Mereka Dekat Tuhan : Poin in tidak disebutkan dalam buku tersebut namun, kamu yakin bahwa orang yang bermental kuat percaya bahwa ada kekuatan lain di balik dunia ini yang mengendalikan semua aktivitas dunia ini, mereka tau bahwa apapun yang mereka rencanakan tidak terlepas dari tangan Tuhan. Orang yang bermental kuat selalu meminta petunjuk dan memohon diberikan kekuatan untuk mencapai segala sesuatu.

Baca Juga : Kenapa Tuhan Tak Kunjung Menjawab Do’amu

Dari beberapa poin di atas dapat kita simpulkan bahwa kekuatan mental tidak bisa dimiliki dengan hanya mengatakan saja tetapi membutuhkan kerja keras dan latihan untuk membentuk sebuah pola hidup yang benar-benar produktif. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki mental yang kuat maka 11 kebiasaan orang yang bermental kuat tersebut setidaknya harus kamu lakukan untuk mewujudkannya

2 thoughts on “11 Kebiasaan Orang yang Bermental Kuat

  1. Terimakasih gan, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang sedang butuh motivasi untuk tetap semangat menjalani usaha saya. Saya akan praktekan kebiasaan mereka dengan harapan dapat memiliki mental kuat.

    Di tunggu artikel bagus lainnya gan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *