Cara Lengkap Install Sofware ArcGis 10 di Window XP, 7, 8 dan 10 dengan Benar

Posted on: Februari 4, 2017, by :

Hallo sobat samalangaku.com semua, kali ini kami akan membagikan bagaimana cara menginstall aplikasi ArcGis 10 di Window dengan baik dan benar. Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa aplikasi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa jurusan Komputer, Pertanian, Ekonomi Pembangunan, Kelautan dan Perikanan dan pemerintah daerah. Akan tetapi masih belum banyak yang mengetahui tentang aplikasi ini dan bahkan mereka yang baru mengenal aplikasi ini sering kali mengeluh terhadap sulitnya menginstall ArcGis di laptop mereka.

Apa Itu ArcGis
ArcGis merupakan salah satu program pemetaan yang terdiri dari produk Sistem Informasi Geografis yang diproduksi oleh ESRI. ArcGis 10.1 merupakan software pengembangan dari produk-produk ArcGis sebelumnya, produk dari ESRI ini merupakan salah satu produk yang paling populer dan lebih simple sehingga banyak digunakan sebagai referensi untuk perkuliahan dan dunia kerja khususnya yang berhubungan dengan pemetaan. ArcGIS 10.1 merupakan software yang berbasis Windows. Cara Install ArcGIS 10.1 relatif mudah karena berbasis Windows tersebut.


Cara Menginstall Arcgis 10 dengan Benar

1. Install ArcGis 10 di Window XP
Baiklah, apabila sobat semua merasa sulit untuk menginstall ataupun tidak mengetahui Cara Install ArcGIS 10.1 jangan kuatir karena berikut adalah Cara Install ArcGIS 10.1 secara detail akan kami sampaikan disertai dengan gambar-gambar yang mudah untuk di mengerti.
  1. Siapkan software ArcGIS 10.1, kalo belum memiliki silahkan download di ESRI.com. Bagi anda yang sudah menginstall ArcGIS versi lama sebaiknya Uninstall terlebih dulu Program ArcGIS yang lama tersebut.
  2. Install Aplikasi ArcGis 10 yang sudah di download tadi.
  3. Setelah siap instalasi maka akan pada akhir muncul pesan pengaturan: Pilih Advance (ArcInfo) Concurrent Use. Dan Pada bagian kiri bawah Pilih “Manage Licenses later with ArcGIS Administrator” and klik close.
  4. Install License Manager (Pre-Release Version), jangan install LicenseManager yang berasal dari paket Installasi arcgis 10.1.
  5. Setelah selesai, kemudian abaikan/tutup “License Manager”.
  6. Selanjutnya “copy” atau “save as” servis.txt yang terdapat pada folder “Program Files (x86)/ArcGIS/License10.1/bin/” ke folder tertentu.
  7. Kemudian aktifkan keygen.exe, gunakan setting seperti gambar di bawah ini. Click button “ALL” , copy seluruh text (termasuk ——– bars).

     

  8. Setelah itu, Buka file service.txt di Notepad, lalu paste text yang baru saja dicopy dan simpan file ini.
  9. Dan Copy file service.txt ke C : program files (x86)/ ArcGIS/License10.1/bin/ ; dan timpa (overwrite) file yang lama.
  10. Setelah selesai, jalankan License Server Administrator:

     

     

  11. Klik “Re-reread Licenses”, lalu OK
  12. Selanjutnya, Jalankan “ArcGIS Administrator” dan klik Desktop, pilihlah Advanced (ArcInfo)Concurrent Use. klik Change button, kemudian ganti Not_Set dengan “27000@localhost”, lalu OK.
  13. Kemudian Klik “Availability” lalu klik “Refresh”, maka seluruh extention yang aktif akan tampil seperti gambar di bawah ini. klik “Apply” dan Klik OK. tutup seluruh jendela.

     

     

  14. Selanjutnya, Jalankan Arcmap 10.1. Jika anda sudah melakukan semua proses di atas dengan benar maka bisa dipastikan anda berhasil membuka halaman awal aplikasi ArcGis tanpa ada error.
  15. Kalau tampilan sudah seperti di atas berarti sudah berhasil. Selamat! Anda kini dapat menggunakan ArcGIS 10.1.
2. Install ArcGis 10 di Window 7
Jika anda menggunakan window 7 , 8 atau 10 maka anda harus mengikuti langkah berikut ini;
  1. Cara pertama adalah mengikuti langkah pertama dan kedua sesuai dengan langkah di window XP.
  2. Jika sebelumnya telah/pernah terdapat versi ArcGis yang lebih lawas pada kompi, maka diharuskan untuk men-uninstall secara tuntas versi arcgis dan licensenya tersebut sampai ke akar-akar registrynya. Untuk itu sangat disarankan dengan menggunakan tool CCleaner, agar tuntas dalam proses un-installnya.
  3. Jika semua sudah siap, maka langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi License Manager Pre-Releasenya yaitu LM_10.1_2891, instalasi seperti lazimnya, yaitu next-next-accept-next-finish. Hasil instalasi LM ini akan muncul jendela ArcGIS License Server Administrator, untuk sekarang pilih saja tombol cancel, karena kita akan menginject lecense servernya terlebih dahulu.
  4. Buka file service.txt yang terdapat di folder “License File” satu folder dengan License Manager Pre-release, kemudian ganti tulisan “this_host” menjadi “localhost” tanpa tanda petik seperti gambar dibawah. Kemudian replace service.txt yang terdapat pada folder hasil instalasi LM (“C:Program Files (x86)ArcGISLicense10.1bin”) tersebut dengan file service.txt yang sudah kita edit tadi, dimana service.txt ini merupakan konfigurasi yang digunakan untuk mengaktifkan LM Argis Administrator, dan jika di lihat isi dari file service.txt.
  5. Selanjutnya jalankan License Server Administrator dari start menu atau di alamat berikut “C:Program Files (x86)ArcGISLicense10.1binLSAdmin.exe”. Kemudian pada window yang muncul, pada bagian “start/stop licenseservice”, klik tombol “Re-read Licenses”.
  6. Kemudian pindah ke bagian “Diagnostics”, klik tombol “diagnosa” untuk melihat log hasil diagnosanya, klik tombol “view”, maka akan muncul window Diagnosa Log Viewernya, perhatikan hasil log tersebut, pastikan tidak ada tulisan error.
  7. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, silahkan ulangi lagi dari langkah nomor 6 – 7.
  8. Tutup Window Arcgis License Server Administrator ini dengan mengklik tombol “OK”.
  9. Silahkan logout dan login kembali, atau restart komputer anda.
  10. Ketika ampai disini kita telah berhasil melakukan instalasi License Manager ArcGIS 10.1, langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi ArcGIS Desktop 10.1. Jadi silahkan jalankan applikasi startup instalasi arcgis 10.1, kemudian klik “setup” untuk memulai install item yang diinginkan.
  11. Arcgis for Desktop.
  12. Arcgis Data Interopability for Desktop.
  13. Arcgis Data Reviewer for Desktop.
  14. Arcgis Workflow Manager for Desktop.
  15. Proses instalasi tiap-tiap item diatas seperti lazimnya proses instalasi di program windows lainnya, silahkan pilih option complete pada saat instalasi “arcgis for desktop”.
  16. Kemudian setelah semua selesai diinstalasi, maka tahapan selanjutnya adalah proses konfigurasi Arcgis Administratornya, silahkan klik “Arcgis Admninistrator” dari start menu seperti gambar beikut, dan pada window yang muncul pilih option “Advanced (arcinfo) concurent use” dan pada bagian bawahnya ganti tulisan “Not set” dengan “localhost” (tanpa tanda petik), kemudian klik tombol OK sehingga akan muncul window berikut yang menandakan arcgis desktop telah siap digunakan.
  17. Jika semua proses di atas berjalan dengan lancar tanpa ada kesalahan maka apalikasi ArcGis anda sudah berhasil di install dengan baik. Silahkan anda bersuka ria menggunakan Arcmap 10.1, ArcCatalog 10.1, ArcScene 10.1, dan ArcGlobe 10.1.
2. Install ArcGis 10 di Window 8 dan 10
Bagi anda yang menggunakan window 8 atau 10 tidak perlu susah karena caranya hampir sama dengan cara di window 7 cuma ada beberapa yang berbeda;
  1. Silakan anda memastikan bahwa anda sudah memiliki sofware dan licensinya dan kemudian silakan ikuti cara pertama dan kedua sepeerti pada pada window 7.
  2. Sebelumnya pastikan kalau anda sudah pernah menginstall sebelumnya tapi belum berhasil silakan hapus dulu dengan benar baru kemudian lanjutkan install lagi.
  3. Setelah anda siapkan semua keperluan, silakan buka folder aplikasi.Buka dulu file service.txt yang terdapat di folder “License File” satu folder dengan License Manager Pre-release, kemudian ganti tulisan “this_host” menjadi “localhost” tanpa tanda petik seperti gambar dibawah. Kemudian replace service.txt yang terdapat pada folder hasil instalasi LM (“C:Program Files (x86)ArcGISLicense10.1bin”) tersebut dengan file service.txt yang sudah kita edit tadi, dimana service.txt ini merupakan konfigurasi yang digunakan untuk mengaktifkan LM Argis Administrator.

     

  4. Sekarang  jalankan  License Server Administrator dari start menu. Klik tombol “Re-read Licenses
  5. Selanjutnya pindah ke bagian “Diagnostics”, klik tombol “diagnosa” untuk melihat apakah log hasil diagnosanya, klik tombol “view”, maka akan muncul window Diagnosa Log Viewernya, lihat dulu hasil log tersebut, pastikan tidak ada tulisan errornya. untuk kesempurnaan  install licensinya.
  6. Tutup Window Arcgis License Server Administrator  dengan mengklik tombol “OK”.
    Selanjutnya silahkan  restart komputer anda.
  7. Maka sampai disini kita telah berhasil melakukan instalasi License Manager ArcGIS 10.1, di windows 8 atau 10.
  8. Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi ArcGIS Desktop 10.1. Jadi silahkan jalankan applikasi startup instalasi arcgis 10.1, kemudian klik “setup” untuk memulai install item yang diinginkan.S
  9. Selanjutnya instalasi selanjutnya tinggal anda ikuti seperti yang ada pada window 7 di atas
  10. Selamat menikmati aplikasi ArcGis.
Sekian cara menginstall  aplikasi ArcGis di window, semoga bisa membantu sobat semua dan dapat memudahkan dalam memahami caranya dengan mudah. Silakan hubungi kami melalui web ini jka sobat ada keseulitan terkait artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *